Integrity

"The first principle is that you must not fool yourself -- and you are the easiest person to fool. So I wish you... the good luck to be somewhere where you are free to maintain your integrity, where you do not feel forced by a need to maintain your position in the organization, financial support, or so on, to lose your integrity.

May you have that freedom."

Richard Feynmann


Minggu, 15 Maret 2009

Nilai-Nilai Dasar Kehidupan

Nilai-Nilai Dasar:
“When values are clear, decisions are easy.”
Merupakan hal-hal yang harus dipertimbangkan sebelum pengambilan keputusan. Nilai haruslah dapat menyatakan ya dan tidak kepada suatu ide. Angka tidak menunjukkan prioritas.
1. Tanggung jawab
2. Pengembangan kreativitas
3. Manajerial
4. Hubungan interpersonal
5. Kepuasan pribadi
6. Pengembangan intelektual
7. Status dan Reputasi
8. Kompetisi
9. Keuntungan personal
10. Integritas
11. Pengabdian kepada masyarakat
12. Makna
13. Inisiatif
14. Waktu

One characteristic a leader must possess is objectivity. He must be someone who is constantly referring back to his mission when problems come up. Someone who makes all his decisions based not on what he had for breakfast or how he feels or whether he likes the person he's dealing with, but on whether it gets him closer to his vision or backs him off.
—Warren Bennis,
writer
They are able to connect with people. The greatest leaders are the ones who are spontaneous. They know their overall mission, they know what they want to say, and they can say it without depending solely on a written script. They have a message that they want to share that comes from their passion, and they can share it without preaching or shouting. Their sincerity comes through in their words as well as in their deeds.

1. Tanggung jawab
Untuk setiap pengambilan keputusan, selalu harus dipertimbangkan aspek tanggung jawab yang akan kita ambil. Siapkah kita mengorbankan waktu, untuk tanggung jawab yang kita ambil? Dengan mengambil suatu tanggung jawab, apa yang bisa kita dapat dan apa yang bisa kita berikan?

2. Pengembangan kreativitas
Perlu dipertimbangkan apakah hal yang kita lakukan adalah layak untuk dikembangkan lebih lanjut? Apakah ini adalah hal rutin yang bisa dikerjakan siapa saja? Apakah ada peluang bagi kita untuk memberikan sentuhan pribadi?

There is a fountain of youth: it is your mind, your talents, the creativity you bring to your life and the lives of the people you love. When you learn to tap this source, you will have truly defeated age.
—Sophia Loren,
actress

3. Manajerial
Bagaimanakah hal yang kita urus dapat kita laksanakan? Pengaturan waktu yang baik adalah hal yang sangat penting.

4. Hubungan interpersonal
Membina relasi dengan orang lain sangat penting dalam kehidupan. Ingat bahwa pergaulan kita akan menentukan kita menjadi seperti apa. Lebih baik punya teman yang sedikit namun memiliki pengaruh positif daripada memiliki teman banyak yang menyeret kita kedalam hal yang tidak berguna. Jangan takut untuk dianggap kurang pergaulan. Lebih tepat disebut selektif dalam berteman.

Here is a basic rule for winning success. Let's mark it in the mind and remember it. The rule is: Success depends on the support of other people. The only hurdle between you and what you want to be is the support of others.
—David Joseph Schwartz,
writer

5. Kepuasan pribadi
“Sebaik” apapun hal yang hendak kita lakukan, harus ada kepuasan pribadi dalam mengerjakannya. Bila tidak ada, maka harus dipertimbangkan lagi manfaatnya.

6. Pengembangan intelektual
Hal-hal yang kita lakukan haruslah mampu memperluas wawasan kita. Apabila hal yang kita lakukan tidak memiliki makna dalam pengembangan wawasan lagi, harus dipertimbangkan keperluannya, kecuali untuk hal-hal khusus.

7. Status dan Reputasi
Pengembangan status dan reputasi memiliki dampak jangka panjang yang besar. Ingat bahwa kelompok kolektif memiliki image sendiri terhadap kinerja, status dan reputasi kita yang akan menentukan posisi kita.

8. Kompetisi
Persaingan adalah hal yang sangat penting bagi pengembangan diri. Persaingan yang sehat adalah mutlak diperlukan untuk survive.

9. Keuntungan personal
Keputusan yang diambil harus memiliki keuntungan bagi diri sendiri, baik secara materiil maupun non-materiiil.

10. Integritas
Melakukan apa yang sudah kita katakan.

11. Pengabdian kepada masyarakat
Hal-hal yang kita lakukan memiliki nilai tambah apabila berguna tidak saja kepada diri kita sendiri namun kepada orang di sekitar kita.

12. Makna
Perbuatan tidak saja ditentukan oleh apa yang bisa kita peroleh. Namun apa yang menjadi hakikat dari perbuatan kita.

13. Inisiatif
Bertindak atas kesadaran diri, bukan atas keterpaksaan.
There is little difference in people, but that little difference makes a big difference. The little difference is attitude. The big difference is whether it is positive or negative.
—W. Clement Stone,
writer

14. Waktu
Guard well your spare moments. They are like uncut diamonds. Discard them and their value will never be known. Improve them and they will become the brightest gems in a useful life.
—Ralph Waldo Emerson,
philosopher and poet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar